Pendaftaran SBMPTN 2014 Akan Dibuka Mei Tahun 2014

Posted by Online Consultant on Thursday, February 27, 2014

Pendaftaran Sbmptn tahun akademik 2014/2015 seperti halnya tahun sebelumnya akan digelar secara online (daring). Sementara pendaftaran seleksi PTN jenis Snmptn telah mulai digelar mulai 17 Februari s/d 31 Maret 2014. Apabila pendaftaran Snmptn 2014 dilaksanakan di Laman web.snmptn.ac.id, maka Pendaftaran Sbmptn 2014 karena berbentuk ujian biasanya dilakukan di Laman Panitia Sbmptn (ujian.sbmptn.or.id).

Tentunya para Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir pada tahun 2014 yang akan mengikuti UN pada tahun 2013 atau 2014 dan punya Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS tengah disibukkan dengan pendaftaran disamping sibuk mempersiapkan ujian nasional yang akan digelar pada bulan April 2014. Para siswa tersebut nantinya harus lulus Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan, lulus SNMPTN 2014, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.


Sebagai persyaratan pendaftaran mereka harus memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (semester 4 untuk kelas akselerasi) yang telah diisikan pada PDSS.

Untuk seleksi Sbmptn para siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir pada tahun 2014 belum begitu disibukkan karena mereka berharap bisa masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Snmptn atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Namun lain halnya bagi para alumni SMA/SMK/MA/MAK tahun 2012 dan 2013 yang masih berkesempatan ikut Sbmptn. Mereka tentunya sudah mulai sibuk dan belajar mempersiapkan ujian Sbmptn yang direncanakan akan di gelar pada bulan Juni 2014.

Berikut ada baiknya kami sampaikan beberapa aturan yang perlu dipahami oleh calon peserta Sbmptn 2014 terkait Pendaftaran Sbmptn yang dijadwalkan Mei 2014, diantaranya:

  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id.
  2. Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id.

Sebelum para peserta Sbmptn melakukan pendaftaran, sebaiknya pastikan dulu bahwa anda memenuhi persyaratan peserta Sbmptn 2014, sebagai berikut:


Persyaratan Pendaftaran

1. Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2012, 2013, dan 2014. Lulusan tahun 2012 dan 2013 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Untuk lulusan tahun 2014 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi.


Persyaratan Penerimaan

Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus SBMPTN 2014, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.



Cara Pendaftaran Sbmptn 2014



Mulai bulan Mei 2014, silakan dibuka laman ujian.sbmptn.or.id. Di laman Pendaftaran Online Sbmptn 2014 tersebut calon peserta harus mengisi sekitar 3 kolom isian yang terdiri dari Kode Akses Pendaftaran (KAP), PIN, dan memasukkan rangkaian huruf di atas Captcha atau Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart" (Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia). Dalam pengisian Captcha agar difahami bahwa penulisan huruf besar dan huruf kecil sama saja (case insensitive) dan tidak ada angka.

Selanjutnya panitia Sbmptn juga menganjurkan agar para peserta dalam melakukan pendaftaran memperhatikan hal-hal berikut :

  1. Fitur Javascript pada browser mohon diaktifkan
  2. Fitur Cookies pada browser agar diaktifkan
  3. Jika meninggalkan komputer atau diganti oleh pengguna lain, pastikan anda sudah keluar dengan cara menekan tombol "Keluar" yang tersedia
  4. Bagi peserta Bidikmisi, KAP dan PIN yang dimasukkan harus sesuai dengan yang tercetak di Kartu Peserta Bidikmisi
  5. Bagi bukan peserta Bidikmisi, KAP dan PIN yang dimasukkan harus sesuai dengan yang tercetak pada Bukti Pembayaran dari Bank
  6. Hati-hati dalam mengisi pendaftaran online ini
  7. Kesalahan pengisian dapat berakibat anda harus membayar biaya ujian lagi
  8. Jika KAP dan/atau PIN yang tercetak pada bukti pembayaran salah, segera hubungi Bank Mandiri terdekat
  9. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas tentang pendaftaran online ini, dapat menghubungi Help Desk SBMPTN 2014 di alamat http://halo.sbmptn.or.id atau nomor telepon 0804-1-456-456


Alur Pendaftaran Sbmptn


Berikut sekedar ilustrasi Alur Pendaftaran Sbmptn yang dimulai dari kegiatan indentifikasi apakah seorang yang berminat mengikuti Sbmptn memenuhi syarat atau tidak s.d. tahapan peserta menyelesaikan pendaftaran online di laman ujian.sbmptn.or.id. Untuk lebih jelasnya tentang prosedur atau Alur Pendaftaran Sbmptn, silakan simak ilustrasinya dalam gambar di bawah ini:



Semoga info Cara Pendaftaran Sbmptn 2014 bermanfaat bagi para calon peserta seleksi Sbmptn tahun 2014! Amin Ya Rabbal Alamin!

Sumber :
- Sbmptn.or.id
- Sbmptn.web.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment